Daftar Menu Nasi Kotak Buat Bekal Ngantor, Sekolah Maupun Tamasya

daftar menu nasi kotak

Hari ini ke mana agenda nya  nih? Masih harus ngantorkah dengan alasan lembur? Sekolah atau mau travelling bersama keluarga walaupun sekedar ke kebun binatang nengokin teman sebaya nya mungkin? hehehe.. atau jangan-jangan lagi bingung mencari ide? kira-kira mau bekal apa hari ini buat ke tempat-tempat tadi yang saya sebutkan daripada mahal beli di resto. Tenang ada solusinya, dibawah ini saya cantumkan resep nasi bakar yang nikmat lagi pulen dan merupakan daftar menu nasi kotak yang mesti sahabat bawa nih.

Mau tahu resepnya apa saja? Mari kita simak, siapkan recorder (perekam) kalau perlu eh tapi tidak tercantum suara ya di sini cuma text saja. Oke siapkan buku saja kalau begitu buat mencatatnya.

Nasi bakar ini tidak mudah basi dan sangat ramah buat di bawa bepergian jauh. Serta bumbu-bumbunya mudah juga untuk diperoleh. Pertama kali saya mencoba nasi ini langsung ketagihan. Rasanya yang gurih, dan padanan isi nya agak pedas serta aroma santan dan dedaunannya bikin terngiang-ngiang. Sampai akhirnya, saya menjadikannya sebagai daftar menu nasi kotak yang harus saya bawa ke kantor.

Kebutuhan bahan untuk nasi bakar, sebagai berikut ;

  • Bahan untuk nasi bakarnya, sbb ;
  1. daun pisang 5-8 lembar besar
  2. tusuk sate secukupunya saja
  3. daun kemangi 1 – 2 ikat
  4. garam halus sekitar ½ sdt
  5. beras sekitar 250gr
  6. santan 500ml
  7. abon sapi secukupnya (bisa di ganti sesuai selera)
  8. daging ayam yang sudah di goreng, suwir tipis-tipis (bisa di ganti sesuai selera)
  • Bumbu halus yang biasa digunakan, sbb ;
  1. daun jeruk 3 lbr
  2. jahe ± 3 cm, memarkan
  3. lengkuas ± 2 cm, memarkan
  4. cabe keriting secukupnya lalu iris kecil
  5. bawang merah 6 btr, haluskan
  6. bawang putih 4 btr, haluskan
  7. daun salam 2 lbr
Baca Juga :  Tujuh Parfum Wanita Terbaik 2019 yang Dapat Menambah Koleksi Parfum Kamu

 

  • Proses pembuatan nasi bakar adalah sbb ;
  1. Cucilah bersih berasnya terlebih dahulu.
  2. Siapkan penggorengan kemudian masukkan bumbu halus dan tumislah sampai benar-benar matang .
  3. Sediakan rice cooker. Tuangkanlah bumbu halus, beras yang sudah di cuci bersih, aduklah sampai merata. Jangan lupa masukkan juga daun kemangi, daun salam beserta santan, Masaklah sampai nasi matang kurang lebih 30-45 menit.
  4. Bersihkanlah beberapa lembar daun pisang supaya bersih. Taruhlah nasi yang sudah matang tadi, kemudian taburi dengan abon dan daging ayam (karena menu lauknya di sini saya pakai abon dan daging ayam goreng, bisa di ganti ), lalu gulung seperti bikin lontong memanjang.
  5. Siapkanlah arang untuk membakar nasi tadi dan bakarlah seperti kita bikin sate.
  6. Susun rapi nasi bakar tadi ke dalam Tupperware ukuran sedang (karena saya bawa buat bekal ke kantor), boleh di sajikan dengan emping atau kerupuk sebagai pelengkap.
  7. Hidangkan, mariii berangkaatttt !!!!

Bagaimana dengan resep kali ini, oke juga kan? Bolehlah dijadikan daftar menu nasi kotak sehari-hari sahabat semuanya. Guna menghemat biaya konsumsi apalagi para karyawan di ibukota yang ekonominya cukup tinggi.

 

 

Leave a Comment