Masakan Daging Sapi di Hari Raya

masakan daging sapi

Hari Raya Qurban atau Hari Idul Adha biasanya kita mendapat daging kiriman dari masjid atau sengaja membeli daging untuk dimasak dan dimakan ramai-ramai bersama keluarga yang sedang kumpul.

Daging selalu jadi favorit banyak orang. Mungkin diantara kita ada setiap hari selalu makan ayam, ada juga yang selalu makan tempe, atau selalu minum susu setiap hari. Tidak ada yang salah jika kita mengkonsumsi makanan dan minuman itu setiap hari kok, asalkan tidak berlebihan. Omelete daging, sup daging, sosis daging, hamburger, steak, dan lainnya merupakan variasi menu masakan olahan daging sapi.

Kandungan protein dan lemak dari daging dibutuhkan manusia untuk menambah energi. Tapi jangan lupa tetap konsumsi serat, seperti sayuran yang berserat tinggi. Jika tidak, kemungkinan untuk memiliki penyakit kolesterol akan tinggi. Nah, jika senang dengan daiging, perlu kreatifitas untuk mengkreasikan menu daging agar tidak bosan. Supaya tidak bosan, mengkolaborasikan daging sapi dengan bahan lainnya bisa membuat variasi baru lho. Kira-kira apa daging sapi bisa diolah seperti apa lagi ya?.

Berikut ini adalah menu masakan daging sapi yang bisa dicoba pada siapapun.

  1. Daging bumbu Bali
    Daging sapi ini diolah dengan bumbu bali. Tumis bumbu halus berupa 9 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 7 buah cabai merah, 5 butir kemiri, dan 2 cm jahe. Masukkan 500 gram daging potong dadu, 2 lembar daun jeruk purut, dan 1 sendok makan garam. Masukkan lagi 1 sendok makan air jeruk nipis, 1 sendok makan kecap manis, dan ½ air asam Jawa. Masak hingga meresap.
  2. Steak lada hitam
    steak adalah daging yang dimasak diatas hotplate. resep daging sapi lada hitam ini ada banyak website memasak. Nah, cara memasaknya, pertama olesi 4 potong daging sirloin sapi dengan sesendok teh lada hitam dan sesendok teh garam. Diamkan daging selama 30 menit sampai bumbunya meresap barulah daging dipanggang dengan margarin di hingga matang. Pemanggangan ini menggunakan api yang kecil agar daging bisa well cook luar dan dalam. Daging kemudian disiram dengan saus lada hitam.
  3. Beef Burger
    Nama makanan ini terkenal dengan roti yang padat. Siapa yang tidak suka burger? Bahkan anak-anak menyukainya, dan kartun kesukaan mereka merupakan koki dari restoran burger Krabby Patty, iyaps dia adalah Spongebob. Olahan daging sapi ini, sebetulnya tinggal membuat patty alias daging cincang yang dipadatkan dan berbentuk bulat. Kemudian disusun dengan sayuran, keju slices, tomat, saus, dan ditutup dengan roti.
  4. Omelete Daging Keju
    Salah satu masakan daging sapi yang praktis ialah omelette keju. Omelette ialah telur dadar. Cukup campurkan tiga butir telur dengan daging sapi, parutan keju cheddar, garam dan merica, bawang bombay, dan bawang putih. Kocok semua bahan hingga merata dan goreng diatas Teflon agar bentuknya cantik. Goreng telur sampai matang dan santap bersama nasi hangat atau cukup menyajikannya dengan saus sambal di piring. Sangat cocok untuk dijadikan makanan saat sarapan.
  5. Abon Sapi
    Jika punya banyak stok daging dan waktu, kalian bisa membuat daging menjadi abon homemade di rumah. Memang untuk membuat abon sendiri memakan waktu karena harus membuat suwiran daging sapi, menyiapkan banyak santan dan menunggunya hingga kering. Tetapi abon sapi homemade bisa bertahan lama lho.
Baca Juga :  Tas Wanita Murah dan Bagus Ala Korea yang Kekinian

Leave a Comment